E-Commerce-and-V-Business-Business-Models-for-Global-Success
E-business adalah kegiatan bisnis yang dilakukan secara otomatis dengan memanfaatkan teknologi elektronik seperti komputer dan internet.
Kegiatan E-business juga memungkinkan suatu perusahaan untuk berhubungan dengan sistem pemrosesan data internal dan eksternal secara lebih efisien dan fleksibel.
Bentuk Hubungan Bisnis e-business
Terdapat lima kemungkinan bentuk hubungan bisnis berdasarkan transaksinya :
- Business to Business (perdagangan antar pelaku usaha bisnis)
- Business to Consumer (perdagangan antar pelaku usaha bisnis dengan konsumen)
- Consumer to Consumer (perdagangan antar konsumen yang satu dengan konsumen yang lain)
- Consumer to Business (perdagangan antar konsumen dengan pelaku bisnis atau perusahaan)
- Intrabusiness e-business (perdangan dalam lingkup intranet perusahaan yang melibatkan pertukaran barang, jasa, dan informasi.
Tahapan E-business
Terdapat empat tahap pemanfaatan jaringan komputer dan internet untuk tujuan e-business, di mana terjadi transformasi perusahaan tradisional ke e-business, antara lain :
- Mendayagunakan komputer
- Mendayagunakan jaringan dan internet (seperti email, chat messanger, IRC, dll,.)
- Membangun dan mendayagunakan web
- E – commerce
Pengertian e-commerce
Pengertian e-commerce atau electronic commerce hadir seiring dengan perkembangan internet yang sangat pesat. E commerce menjadi daya tarik tersendiri bagi pecinta kegiatan belanja baik pria maupun wanita.
E commerce hadir dalam menjawab tuntutan gaya hidup modern manusia yang menuntut kemudahan dan kecepatan dalam segala bidang. Tidak hanya pembeli yang dimudahkan dan dimanjakan dalam proses jual beli, penjual-pun juga dimudahkan untuk menjual produk / dagangan mereka dengan mudah dan cepat dibandingkan menjual melalui toko offline. Mulai muncul marketplace startup yang menjadi rumah bagi penjual online / online shop ini.
Manfaat dan Kegunaan e-business
Manfaat dan kegunaan dari e-business diantaranya adalah untuk :
- Pendekatan yang aman, fleksibel, dan terintegrasi
- Efisien dan Efektif
- Peningkatan produktivitas dan keutungan
Alat dan Media
Alat dan media atau sumber yang digunakan dalam e-bisnis adalah :
- Teknologi informasi dan komunikasi
- Komputer
- Internet
- Kegiatan Sasaran
- Kegiatan bisnis
- Proses bisnis utama
- Pembelian, penjualan, pelayanan, transaksi.
Pelaku E-Business
Pelaku e-business diantaranya :
- Perusahaan
- Konsumen
- Perusahaan
- Supllier
- Rekan bisnis